Kuliah Umum 2020: “New Normal, New Spirit!”

Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan bersama Divisi Kelompok Studi dari Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dan Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan atau yang biasa disebut Medical Record Family (MRF) menyelenggarakan sebuah acara rutin tahunan yaitu Kuliah Umum 2020. Kuliah Umum 2020 sukses diselenggarakan pada Sabtu, 10 Oktober 2020 dari pukul 08.00 – 12.00 WIB. Berbeda dengan Kuliah Umum pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Kuliah Umum 2020 diselenggarakan secara online yang disajikan dalam bentuk Webinar menggunakan aplikasi virtual yaitu Zoom Meeting

Sesi Pembukaan Kuliah Umum 2020

Kuliah Umum tahun ini mengusung tema “Pengelolaan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam Menghadapi Era New Normal di Tengah Pandemi COVID-19”. Alasan dari pemilihan tema ini karena kami mahasiswa yang nantinya akan bekerja sebagai perekam medis harus mengetahui perannya dalam mengelola, mengoptimalisasi, serta mencari peluang dalam menghadapi Era New Normal ditengah pandemi COVID-19 dengan tetap mengedepankan Teknologi Informasi.

Acara ini mengundang 3 pembicara dengan sub materi yang berbeda-beda. Pembicara pertama Kuliah Umum tahun ini adalah Bapak Anis Fuad, S.Ked., DEA dari Tim Simkes UGM yang membawakan materi “Peluang, Tantangan, dan Strategi Penggunaan Teknologi Informasi pada Pengelolaan Rekam Medis dalam Menghadapi Era New Normal di Tengah Pandemi COVID-19”. Kemudian pembicara keduanya adalah Ibu Sri Purwaningsih, S.Kep., Ners., M.Sc dari Tim PPI RSUP dr Sardjito yang membawakan materi “Optimalisasi Upaya Pencegahan Penularan COVID-19 di Unit Kerja Rekam Medis”. Dan pembicara terakhir adalah Bapak Tedy Hidayat, A.Md, Perkes, S.ST.RMIK, M.MRS sebagai Ketua Umum DPP PORMIKI yang membawakan materi “Peran Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam Menghadapi Era New Normal”.

Berbeda juga dengan tahun sebelumnya yang biasanya hanya diikuti oleh mahasiswa baru dan mahasiswa tingkat akhir, Kuliah Umum tahun ini mengikutseratakan semua mahasiswa aktif yang ada di Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan. Sehingga total partisipanya kurang lebih 200 peserta beserta tamu undangan.

Dari diselenggarakannya Kuliah Umum 2020 ini diharapkan dapat mengenalkan dunia Manajemen Informasi Kesehatan kepada mahasiswa baru Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, memberikan pembekalan untuk mahasiswa semester V D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, dan memberikan pembekalan dalam menghadapi Era New Normal di tengah Pandemi COVID-19 bagi seluruh mahasiswa aktif di Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan.

Sesi Pematerian 1

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*